Neuroscience for Life


Manusia memang luar biasa, memiliki kemampuan yang tidak tertandingi oleh mahluk lain di muka bumi, karya karya besar manusia telah banyak memukau manusia lainnya, manusia dahulu memukau manusia yang sekarang. Dan Manusia yang sekarang mungkin akan memukau manusia yang akan datang.

Saya tidak habis pikir mengapa manusia bisa membuat piramida di padang pasir,  tembok cina dipegunungan, candi borobudur ditengah lembah dan keajaban lainnya yang luar biasa. Setiap masa memiliki peradabannya sendiri dan setiap peradaban memiliki keistimewaan.


Manusia selalu memiliki hal hal baru untuk memperbaiki atau mempermudah hidupnya, dan kontek ini yang sangat mempengaruhi.

“ HAL BARU “

Hal baru adalah sesuatu yang tidak bernah berhenti pada satu titik, jika dari jaman dahulu sampai jaman sekarang selalu ada hal baru maka seberapa banyak hal baru yang sudah diciptakan manusia ? dan seberapa besar kapasitas otak manusia?

Mencoba hal hal baru adalah kunci untuk mengaktifkan dan menghubungkan neuron menjadi sebuah SINAPS!..

Manusia di karuniai 1 triliyun sel syaraf (Neuron), BANYAK BANGET... 100 milyar menjadi neuron Aktif, 900 milyar menjadi neuron pendukung bagi neuron aktif.

Kalau ini tidak diaktifkan yang ada dibayangan saya adalah BENANG KUSUT. Sayang banget kalau karunia yang begitu besar hanya dibuat kusut, hanya melakukan hal-hal yang sama setiap harinya (pada kondisi tertentu).

“ OTAK NORMAL “

Ketika bicara otak normal, yang terlintas di pikiran saya adalah Dasa Dharma Pramuka yang Ke 10, “ Suci Dalam Pikiran, Perkataan dan Perbuatan !“ sebagai salah satu penggiat Pramuka saya ingat betul dasa ke-10 ini. Ini yang kadang sulit untuk diselarasakan, apa yang saya pikirkan belum tentu sama dengan yang saya ucapkan, apalagi apa yang saya perbuat.

Saya selalu bertanya kenapa nilai ini ditaruh diposisi ke 10? Kenapa tidak ke-2? kenapa tidak ke-3?

Sekian lama saya menelaah dan saya mendapat jawaban versi saya sendiri, “ ini adalah poin pengunci, berhasil atau tidaknya saya menjalankan dasa ke-1 sampai dengan ke-9. Tergantung Pikiran, Ucapan dan Perbuatan saya “ jika sudah benar maka saya patut mendapatkan poin 1 - 9.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan Hebat ;

1.       Pastikan Otak Sehat

2.       Jiwa Sehat

3.       Raga Sehat


BERSYUKUR....dengan anugrah yang telah diberi, menjadi awal kemudahan untuk melakukan atau membuat hal baru.


SALAM PRAMUKA, SALAM CSK


"Neuroscience for Life"


Coach Amir Zuhdi

#‎coachingsecangkirkopi41

Coaching Secangkir Kopi

#CSK #CSKWAG #CoachingSecangkirKopi

Comments

Popular Posts