SYARAT DAN TATA CARA MENGURUS BPJS UNTUK BAYI BARU LAHIR

Saat kemarin istri saya masih mengandung anak kedua, saya mencoba membuat kartu BPJS untuk si calon bayi, yang katanya kartu itu bisa di urus sebelum si bayi lahir. Kemudian saya mencari kejelasan kembali mengenai informasi tersebut. akhirnya saya mendapati data seperti ini :







Syarat mendaftarkan Calon Bayi

 
a. Bayi dalam kandungan sebagai calon peserta kelompok PBPU yang didaftarkan adalah semua bayi yang keberadaannya terdeteksi dari adanya denyut jantung bayi (janin) di dalam kandungan (secara medis dengan melampirkan surat keterangan Dokter)

b. Pendaftaran bayi dalam kandungan sebagai peserta kelompok PBPU dapat dilakukan dengan mencantumkan data sesuai dengan identitas lbu bayi tersebut.

c. Contoh: Calon By. Nyonya (disesuaikan dengan nama lbu).

d. Pengisian NIK untuk bayi dalam kandungan sebagai peserta kelompok PBPU diisi berdasarkan Nomor KK orang tua calon peserta.

e. Nomor KK sebagaimana yang dimaksud adalah nomor KK keluarga sebagai suatu kesatuan.

f. Tanggal lahir bayi dalam kandungan sebagai calon peserta kelompok PBPU mengikuti tanggal pada saat didaftarkan.

g. Jenis Kelamin menggunakan perkiraan jenis kelamin yang diperoleh sebagai hasil pemeriksaan USG atau menggunakan perkiraan sementara.

h. Pengisian kelas rawat calon peserta bayi dalam kandungan sebagai peserta kelompok PBPU, wajib sama untuk satu keluarga.

i. Perubahan identitas bayi dalam kandungan sebagai peserta kelompok PBPU (nama, tanggal Iahir, NIK), dilakukan paling Iambat 3 bulan setelah bayi tersebut dilahirkan.

j. Dalam hal tidak dilakukan perubahan terhadap identitas bayi dalam kandungan sebagai peserta kelompok PBPU, maka bayi tersebut tidak dapat memperoleh pelayanan kesehatan dan status kepesertaannya menjadi tidak aktif.

k. Tatacara pendaftaran peserta ini sebagaimana dijelaskan diatas, tidak berlaku untuk peserta yang termasuk dalam Pasal Pengecualian Peraturan Direksi Nomor 211 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Pendaftaran dan Penjaminan Peserta Perorangan BPJS Kesehatan yang telah ditetapkan tanggal. 


Setelah saya mengikuti langkah diatas akhirnya saya GAGAL, sesuatu banget kalo gagal yaa...hehehe kegagalan saya diakibatkan karena keanggotaan BPJS saya dari Perusahaan. calon bayi hanya di tanggung untuk kepesertaan PBPU. ( Tenaga Kerja yang melakukan pekerjaan di Luar Hubungan Kerja (LHK) adalah orang yang berusaha sendiri yang pada umumnya bekerja pada usaha-usaha ekonomi informal.)

Contoh :  notaris/pengacara/LSM, dsb,dokter praktik swasta/bidan swasta/mantri, dsb,  pedagang/penyedia jasa dsb, petani/peternak/Nelayan, dsb; asosiasi pedagang kaki lima/Warteg/Rumah Makan Padang, dsb, dan pekerja mandiri lainnya.

Saya mendapatkan informasi dari pihak BPJS bahwa untuk kepesertaan perusahaan hanya dapat mendaftarkan bayi yang baru lahir. Loh....loh,...lalu syaratnya apa saja??

Syarat mendaftarkan bayi baru lahir

1. Fotokopi Surat keterangan Lahir
2. Fotokopi KK
3. Fotokopi Kartu BPJS Bapak dan Ibu
4. Fotokopi KTP Bapak dan Ibu

Untuk Anak yang berusia dibawah 5 tahun tidak perlu melampirkan foto. jadi gak perlu anaknya jadi target narsis ya..heheheh

Beberapa hari kemudian istri saya melahirkan dengan cara sesar di rumah sakit annisa dengan nyaman, pihak rumah sakit melayani kami dengan baik dan memberikan informasi yang lengkap mengenai cara mendaftarkan bayi untuk kepesertaan BPJS perusahaan.

Pihak rumah sakit memberikan waktu kepada saya 3X24 jam. jika kartu BPJS tersebut tidak diurus maka akan dikenakan biaya perorangan. Wah lumayan juga nih kalo pake biaya sendiri...(mending uangnya di kumpul untuk aqiqah ). segera lah saya membuat kartu tersebut dan alhasil.

Prosses Pendaftaran

Ada 2 Cara, pertama pendaftaran secara Online yang dapat di daftarkan oleh bagian HRD yang kedua didaftarkan langsung ke kantor BPJS terdekat.

saya memilih opsi kedua, mendaftarkan langsung ke kantor BPJS.
Setibanya saya di kantor BPJS saya juga diberi 2 pilihan, ke ruangan BPJS khusus Perusahaan atau antri dengan mengambil nomor. (bedanya kalo ke ruangan perusahaan kita akan diberi printan hitam putih, tapi kalo ikut antri kita akan di beri printan aseli (warna))

saya memilih untuk ikut antri saja, agar cukup sekali urus walau proses sedikit lebih lama.

1. Saya mengambil formulir no.3
2. Saya akan mengisi formulir tersebut dengan data yang ada
3. Data saya akan diverifikasi dan diberi nomor antrian panggil
4. Masuk ke ruangan data entry
5. Print kartu


hanya dalam waktu 1 jam kartu tersebut telah selasai dibuat.

Kemudian saya menyerahkan fotokopi Kartu BPJS tersebut ke pihak rumah sakit beserta lampiran lainnya. ( KK.KTP.Kartu BPJS saya dan Istri dan SKL)

Dan Selesai,....


Comments

  1. Jadi kalau habis lahiran caesar bayinya harus didaftarkan dulu jadi anggota BPJS langsung ke kantor BPJSnya.. terima kasih pak

    ReplyDelete
  2. ada perbedaan pengurusan, kalo sebagai kepesertaan mandiri kita sudah bisa mendaftarkan calon bayi. Tapi kalo kepesertaan perusahaan dibuat setelah bayi di lahirkan (cesar)

    iya, saya sarankan langsung ke BPJS karena bisa langsung jadi. tapi kalo perusahaan bapak bisa menjamin selesai kurang dari 3 hari , itu juga bagus...karena pihak RS yg saya tempati memberi waktu 3x24 jam....

    ReplyDelete
  3. Pak.. bagaimana kalau anak yang lahir dari pernikahan siri (belum resmi) tetapi sang Ibu sudah punya bpjs perusahaan, apakah anak tsb bisa didaftarkan juga utk bpjs nya dengan hanya menggunakan KK ibunya?

    ReplyDelete
  4. Bisa Bapak. Silahkan Mendaftar..untuk informasi lebih jelas bisa telepon ke
    HOTLINE BPJS di 1500400 atau dapat menghubi ini KANTOR PUSAT :

    Pusat Layanan Informasi BPJS Kesehatan (24 Jam) : (021)500400

    SMS Gateaway : 087775500400

    ReplyDelete
  5. trima kasih bro, sy jg mo nyambut kelahiran anak bulan juni ini

    ReplyDelete
  6. Sama - sama....Selamat Ya. Semoga Persalinannya diberi KELANCARAN...

    ReplyDelete
  7. Mau tanya gan, itu daftarin bayinya ke BPJS terdekat (artinya bisa dimana saja) atau ke BPJS awal pendaftaran peserta ya?

    ReplyDelete
  8. Maksudnya bagaimana ya? kalau pendaftaran dilokasi tinggal saja...atau daftar online...yang penting semua syarat nya sudah ada...

    ReplyDelete
  9. Untuk bayi baru lahir butuh NIK atau tidak ya pak?
    saya baca di blog sebelah, harus ada NIK bayi.

    ReplyDelete
    Replies


    1. Bayi baru lahir punya NIK?? saya rasa tidak,...

      NIK orang tua, dalam hal ini NIK Ibu nya,...

      Delete
  10. untuk aktivasinya langsung aktiv kan setelah kartu bpjs bayi terbit? tdk perlu menunggu 7 hari?
    jika kasus nya c bayi dilahirkan secara persalinan normal, tp bayi harus masuk ruang NICU untuk perawatan, apakah bisa menggunakan bpjs untuk biaya perawatan c bayi? (cat: ibu peserta bpjs perusahaan, Rumah sakit bekerja sama dengan bpjs)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pak, untuk bayi Kelahiran Normal kemudian masuk ICU bisa menggunakan Kartu BPJS si bayi.

      Delete
  11. KK yang disertakan dalam pengajuan (BPJS Perusahaan) apakah harus sudah ada nama bayinya (harus diurus dulu ke Catatan Sipil untuk menambahkan nama bayi tersebut pada KK) atau belum tercantum nama bayi yang baru lahirnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk Kepesertaan BPJS perusahaan menyerahkan KK dengan anggota keluarga yang ada. hanya syarat adminstrasi untuk melengkapi data. jadi setelah bayi lahir dalam waktu 3x24 jam pihak rumah sakit memberikan kesempatan untuk mengurus kartu BPJS si bayi dengan syarat seperti diatas.

      Delete
  12. Terima kasih. Sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih telah berkunjung. semoga informasinya bermanfaat...

      Delete
  13. Mas,kalau mau daftarkan calon bayi/janin via offline,pada formulirnya data calon bayi diisi di kolom "anak" atau di kolom "anggota keluarga tambahan" ya??

    ReplyDelete
  14. Ibu kepesertaan swadaya atau perusahaan? pakai nama " Calon By. Nyonya " (disesuaikan dengan nama lbu).

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Malam pak..sy kan kmrn2 tinggal di daerah jakbar otomatis rujukan faskes bpjs nya di salah satu pskesmas di daerah jakbar,sedangkan skrng sy sdh pindah tmpt tinggal di daerah ciledug..prtnyaan sy adlh bisa ga sewaktu2 sy berobat di salah satu klinik rujukan bpjs di daerah ciledug tnp hrs pindah faskes..trima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kepesertaan swadaya atau perusahaan? ada baiknya jika bpk. rustam melaporkan diri ke BPJS kesehatan untuk merubah data alamat tinggal dan faskes baru yang di tunjuk...

      Delete
  17. Mlm pak,saya sudah daftar bpjs berikut istri sy daftarkan jg karna dr peeusahaan istri blm ada anjuran,tapi begitu sudah jadi beberapa bln kemudian dr perusahaan istri di wajibkan ikut melalui peruaahaan,sy udh serahkan foto copy KK+kartu bpjs istri yg saya daftar secara online ke pihak perusahaan istri untuk di urus katanya tapi sampai sekrang blm ada kabar dan tetap saya bayar iurannya dan msh succes terbayar...nah istri sy hamil tua sekarang sy jd bingung calon bayi saya mau saya daftar ikut kepesertaan perusahaan atau mandiri masuknya? Mohon pencerahanya mengingat usia kandungan istri udh tinggal hari/minggu.terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kasus bapak ada baiknya jika Istri bapak meminta informasi lebih jelas dan detail ke bagian HRD / Kepegawaian mengenai kepesertaan BPJS nya. jika bagian HRD belum memiliki info lengkap. Secepatnya bapak mengurus langsung ke Kantor BPJS terdekat. Untuk kasus bapak saya tidak berani bicara terlalu jauh.
      terima kasih atas kunjungannya...

      Delete
  18. siang gan , mau nanya nih istri saya kan september besok mau lahiran , saya bingung mau ngurus akte anak itu gimana , istri saya sudah punya kartu BPJS sama KKnya tapi istri saya belom punya ktp saya harus gimana ? apaa anak saya harus jugaa daftar ke BPJS bisa gampang ngurusnya ? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kepesertaan perusahaan atau mandiri? akte anak dalam kandungan? ktp istri kmana?


      jika kepesertaan perusahaan bpjs dapat diurus setelah bayi dilahirkan. kita di beri waktu 3x24 jam untuk urus kartu bpjs.

      jika kepesertaan mandiri dapat di urus saat bayi masih dalam kandungan. gunakan data ibu untuk membuat kartu bpjs si jabang bayi.

      jika ktp ibu tidak ada. baiknya segera dibuatkan yang baru...

      Delete
  19. Kira2 klo kita daftarin bayi kita harus pakai surat pengantar dari perusahaan gak pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya kemarin tidak menggunakan surat pengantar...langsung membuat setelah mendapatkan surat keterangan lahir dari RS...

      Delete
  20. Malam pak,,,
    Sya mw menayakan cara mendaftarkan calon bayi secara online...
    Karna istri saya blom pnya bpjs..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bapak sudah punya bpjs? istri Belum? baiknya bapak mendaftarkan istri bapak terlebih dahulu...( bapak kepesertaan perusahaan atau mandiri?

      Delete
  21. Malam pak,,,
    Sya mw menayakan cara mendaftarkan calon bayi secara online...
    Karna istri saya blom pnya bpjs..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan daftarkan istri bapak terlebih dahulu

      Delete
  22. baru saja saya telpon 500400, perihal pendaftaran BPJS untuk bayi baru lahir. informasinya adalah BPJS HARUS DIDAFTARKAN SAAT BAYI MASIH DALAM KANDUNGAN, jika tidak atau daftar setelah lahir, kartu BPJS baru BERLAKU setelah 14 hari kerja. berarti buat yang mau melahirkan segerakan daftar untuk calon bayinya. ini terjadi pada salah satu karyawan di kantor saya, ybs istrinya melahirkan dan hanya memiliki bpjs istri, namun belum daftar bpjs calon bayi. maka ybs diharusnkan membayar normal biaya perawatan si bayi yang baru lahir dan baru 1 hari sudah kena 8juta. luar biasa indonesia kita ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bapak. Saat ini sudah ada aturan baru mengenai bayi baru lahir memiliki tanggungan sendiri. Pengurusan bpjs untuk bayi baru lahir hanya beberapa jam saja. Pengalaman saya terakhir .... Pihak rumah sakit memberikan kesempatan untuk membuat kartu bpjs sikecil..dan saya langsung buatkan..alhasil..saya tidak dikenakan biaya apapun...

      Delete
  23. salam kenal. pak, mau tanya. kalau untuk pendaftaran calon bayi dengan kartu bpjs bapak gmn? karena kartu bpjs istri saya blm aktif. untuk informasi, sebelumnya saya memiliki kartu jamkesmas, yg kemudian saya ganti dengan kartu bpjs dengan kelas perawatan yg sama. terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salama kenal juga bapak.... Jika masih memiliki waktu ..silahkan tunggu hingga masa aktif kartu bpjs istri bapak berlaku...

      Delete
  24. Pak mau tanya klo mau daftar bpjs untuk calon bayi nya itu pake formulir yang pendaftaran baru atau formulir perubahan data pak, sayabpjs mandiri .. Trima kasih

    ReplyDelete
  25. siang pak,saya mau tanya..untuk mendaftarkan anak yg berusia 8 tahun ke BPJS Kesehatan apa saja persyaratannya ya? Apakah sama seperti orang dewasa? Kecuali KTP ya..

    ReplyDelete
  26. sore pak, mau tanya, jika anak mau didaftarkan BPJS tetapi belum masuk dalam KK apakah bisa memakai nomer di akta kelahiran?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya nama anak wajib ada di kk, krn utk daftar bpjs wajib terdaftar di KK

      Delete
  27. Infonya bermaanfaat dan bagus sekali...TOPBGT

    ReplyDelete
  28. Malam pak,saya datang lansung ke kantor bpjs kesehatan.saya baca dan tanya peserta PPU tidak bisa daftarkan bayi yg masih di dalam kandungan itu berlaku hanya untuk peserta PBPU.saya jadi bingung setelah saya baca komentar pak Hendro yg sudah nelfon 500400 yg salah dimana?

    ReplyDelete
  29. Saya diberikan kesempatan 3x24 jam oleh Rs. Untuk mengurus bpjs bayi saya yang baru lahir. Sempat pusing ga keburu kalau harus mendaftarkan si kecil ke dalam KK. Tapi setelah telepon ke 500400 dijelaskan bahwa BISA mengurus tanpa harus terdaftar di KK, sementara memakai NIK KK saja. Semoga besok berhasil untuk usaha urus sendiri ke BPJS terdekat.

    Syarat:
    Kk
    Bpjs saya dan istri
    SKL
    Surat pengantar dari kantor

    Biaya si kecil yang sementara ini saya tanggung sendiri dijanjikan dikembalikan sesuai 'fasilitas bpjs yang saya miliki'. Asalkan bisa ada bpjsnya dalam waktu 3 hari.

    Semoga bermanfaat untuk yang senasib

    ReplyDelete
  30. Saya mau daftar BPJS Kesehatan sekeluarga, saya istri dan anak. KK sudah ada, tp e-KTP Terbaru blm jadi, tp sudah foto isi data e-KTP dan dapat surat pengambilan e-KTP..
    Kalau gitu bisa gak daftar BPJS'a tanpa e-KTP yg blm jadi soal'a harus nunggu tgl 20 november, atau harus gimana..?? Apa pakai surat pengambilan e-KTP bisa..??
    Kalau pakai KTP yg dulu istri saya gak ada KTP'a, soal'a dia pindah jadi orang daerah saya, otomatis KTP'a di serahkan ke kelurahan daerah istri saya, jd istri saya gak ada KTP sampai e-KTP jadi..

    Terus untuk anak saya apakah harus pakai AKTE KELAHIRAN atau tidak..??
    Saya belum buat AKTE untuk anak saya..

    Maaf tanya panjang lebar..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Surat keterangan Pengganti KTP bisa digunakan (bukan tanda terima tapi ya), dokumen itu valid sebagai pengganti ktp sementara belum jadi, minta saja di kecamatan atau dukcapil.

      Yang penting itu NIK bukan akta, walaupun akta mestinya diurus juga sih. Hehe

      Delete
    2. Wah sudah dibantu jawab..terima kasih

      Delete
    3. Wah terima kasih banyak ya infonya..
      Sangat membantu..

      Delete
  31. malam pak
    saya mau tanya. untuk mendaftarkan bpjs bayi baru lahir bagi peserta perusahaan. harus menyertakan KK .. apakah di KK itu harus ada nama bayi dan NIK bayi? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak harus ada pak.
      Jadi menggunakan NIK dari KK.

      Setelah dapat Bpjs sementara "anak baru lahir", maka kita diberikan tempo 3 bulan untuk mengurus administrasi akte kelahiran si anak plus memperbarui NIK khusus si anak setelah dia tergabung di dalam KK.

      Intinya tidak harus menunggu anak masuk di KK untuk kategori "bayi baru lahir"

      Delete
    2. Untuk peraturan yg baru aktif setelah 14 hari terdaftar apakah itu berlaku untuk bayi yg baru lahir pak?

      Delete
  32. maaf pak, saya mau nanya. saya sekeluarga sdh menjadi peserta bpjs kesehatan mandiri. saat istri hamil anak ke 2, pernah disarankan utk mendaftarkan calon bayi nya. namun msh bingung karena kondisi saat itu pas kehilangan kerja serabutan. sebulan yg lalu, istri saya melahirkan anak kedua. apakah saja syaratnya utk mendaftarkan bayi saya menjadi peserta bpjs? dan apabila keadaan iurannya terlambat blm dibyr dan lwt 3 bln, apakah harus dibyr tunggakan iuran bpjs nya dl sblm mendaftarkan bayi nya, atau bagaimana ya pak? terima kasih. herlambang, 089649010898

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan daftarkan bayi bapak yang kedua. Tidak harus membayar tunggakan yg sebelumnya. Kalau masih ragu baiknya langsung menghubungi kantor cabang bpjs terdekat...

      Delete
  33. untuk persyatannya yg dibawa apa saja ya pak? apa bs menggunakan surat keterangan lahir ato harus menunggu akte lahir dan perubahan KK nya jd pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai prasyarat yang saya tulis diatas pak....

      Delete
  34. Katanya kartu bpjs baru bisa digunakan setelah 14 hari untuk peraturan yang sekarang pak? terus untuk bayi baru lahir apakah juga seperti itu?

    ReplyDelete
  35. hanya ingin memastikan. benarkah untuk kepesertaan perusahaan biaya persalinan anak ke-4 tetap di tanggung oleh bpjs, dan benarkah untuk perawatan kelahiran bayi anak ke-4 juga tetap ditanggung oleh bpjs (dengan syarat dan ketentuan yg berlaku). trims sebelumnya...

    ReplyDelete
  36. Gan mau tanya, sya blm pnya KK soalnya belum smpet ngurus karena isteri dg sya beda wilayah... Kira2 bisa dganti ga perayratan KK dg surat yg lain atau dg surat nikah tanda kita sbg kpala klrg... Mkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepengetahuan saya tidak bisa. KK sebagai dokumen pegangan yang valid karena ada kesatuan wilayah tinggal disana.

      Delete
  37. Apakah KK yg dimaksud yg musti dilengkapi sudah memasukkan nama bayi yang baru lahir?
    Karena kalo iya, kan harus menunggu akte lahir jadi dulu baru bisa ganti KK.

    ReplyDelete
  38. Terimakasih, kebetulan saya akan meng-update data BPJS si kecil, kemarin saya daftarkan waktu masih dalam kandungan :)

    Salam

    ReplyDelete
  39. Orang tua daftar bpjs dijakarta,terus hamil,setelah mau melahirkan pulang kapung,terus Si bayi didaftarin dikampung apa bisa,,,

    ReplyDelete
  40. Orang tua daftar bpjs dijakarta,terus hamil,setelah mau melahirkan pulang kapung,terus Si bayi didaftarin dikampung apa bisa,,,

    ReplyDelete
  41. Informasinya sangat membantu masyarakat yang ingin mendaftar BPJS

    ReplyDelete
  42. Mau tanya.kemarin tgl 19 november 2015 saya mendaftarkan calon bayi saya. Oleh petugas bjps dkasih virtual eccaunt calon bayi tapi setelah 2 minggu saya coba bayar lewat atm blm muncul. Setelah saya tanyakan pada petugas bjps katanya pembayaran setelah bayi lahir. Apakah calon bayi sudah terdaftar. Makasih

    ReplyDelete
  43. Mau nanya kalau bayi baru lahir didaftatkan secara online bisa gak? N caraanya bagaimana?

    ReplyDelete
  44. permisi mau tanya, kakak saya belum punya bpjs dan istrinya juga belum. sementara istri kakak saya belum punya ktp (dibawah umur) . dan sekarang melahirkan anak pertama, bayinya dirawat di rs.. pertanyaan nya, untuk bikin bpjs si bayi persyaratan nya apa ya. dan cara nya bagaimana... trimakasih.

    ReplyDelete
  45. Maaf pak mau tanya,, saya baru lahiran cesar tgl30des2015 dan anak saya prematur dan harus d NICU klo kta dokter kmungkinan sampai 1bln,, dan itu biaya'a sangat mahal, saya mau buat bpjs untuk bayi saya apakah bisa langsung jadi kartu'a dan apakan pihak bpjs mau menanggung biaya RS'a,,mohon penjelasan'a..???

    ReplyDelete
  46. Maaf pak mau tanya,, saya baru lahiran cesar tgl30des2015 dan anak saya prematur dan harus d NICU klo kta dokter kmungkinan sampai 1bln,, dan itu biaya'a sangat mahal, saya mau buat bpjs untuk bayi saya apakah bisa langsung jadi kartu'a dan apakan pihak bpjs mau menanggung biaya RS'a,,mohon penjelasan'a..???

    ReplyDelete
  47. Maaf saya mau tanya, apakah untuk KK harus KK baru stlh saya menikah, atau bs menggunakan KK saya sblm menikah(ayah saya sbg Kepala Keluarga) untuk mendaftarkn calon bayi?

    ReplyDelete
  48. maaf pak mau tanya... anak sy bru lahir tapi sy mau mendaftarkan bayi sy KK nya blm jadi.hari tepatnya 3bulan bayi saya.apakah lewat dri 3 bulan anak saya bisa di daftarkan jdi anggota peserta BPJS? Terima Kasih

    ReplyDelete
  49. Tapi di Rsb kartini jl.ciledug raya jaksel memberikan waktu pengurusan bpjs hanya sehari.itupun tdk ada penjelasan sebelumnya.tau tau pas kartu sdh jadi katanya tdk bisa sudah abis waktunya.cuman sehari.kebetulan karena ribetnua juga ngurus bpjs di sampe 3 hari.tks tolong oenjelasnnya

    ReplyDelete
  50. Lahir anak saya hari jumat sore jam 5 kurang lebih.kebetulan jam pelayanan kantor sdah ttup berkenaan besok haru sabtu dn minggu.nah kami urus dari senin karena ribet juga mundarnmandir sart ini sarat itu jadilah hari rabu langsung diantar ke rsb tersub tunggu katanya tlpon konfirmasi hari kamis jam 7 ada info katanya sdah tdk berlaku waktunya abis padahal sebelumnya kami tdk.mendapat penjelasn daribpihak rsb perihal batas waktu tersebut.

    ReplyDelete
  51. Siang mau tanya kalo mau dftrin anak usia 6th apa harus pakai surat kelahiran jg..tp anak trsbt sudah ada akte sama kk..mohon penjelasannya..terimakasih

    ReplyDelete
  52. Ada yg tau tentang BPJS syariah yg tahun lalu tengah digodog pemerintah gimana sekarang perkembangannya ya? apakah sudah ada sistem syariah?

    ReplyDelete
  53. Sore pak saya mau tanya kalo mau perubahan nama BPJS yg baru terdaftar alias belum jadi kartunya bagaimana merubahnya, saya pernah dateng ke kantor BPJs tp no Nik Ktp saya tidak muncul datanya, sedangkan diperusahaan tempat saya melamar kerja katanya saya sudah terdaftar BPJS namun yang terdaftar namanya itu salah, saya jadi bingung apa saya harus buat BPJS mandiri dulu agar data yg salah itu bisa berubah atau giman pak? Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  54. Pak saya mau tanya... sy melahirkan prematur dan kondisinya anak saya dirawat di NICU sdh 1 mnggu. Bs tidak sy menggunakan fasilitas bpjs di rs yg sama? Kbetulan rmh sakit tempat sy melahirkan termasuk tipe B. Syaratnya apa saja y pak? Mhn penjelasannya

    ReplyDelete
  55. Maaf pak sya mau tanya....ke 3 anak sya sudah punya bpjs mandiri....sedangkan ank saya yg bru lhir hri sbtu 2-04-16 blm punya....apa kah anak sya yg bru lhir bisa buat bpjs mandiri n apa aja syrarat2y....maksih

    ReplyDelete
  56. Makasih infony pa, kaka saya punya bayi, awalnya ingin didaftarkan sebelum lahir, sekarang niatnya ingin didaftarkan sudah lahir, semoga bisa cepat mendapatkan perawatan ditanggung bpjs

    ReplyDelete
  57. postingan 2015 berguna banget, thanks anyway min.
    kebetulan saya juga akan lahiran di July 2016 ini hehhe.

    ReplyDelete
  58. Makasih gan, udah ubek2 google akhirnya nemu juga informasi cara mengurus bpjs ini

    ReplyDelete
  59. Saya mohon info, saya kan punya bpjs kesehatan mandiri, suami saya bpjs ketenagakerjaan. Apakah itu akan jd masalah untuk mengurus bpjs bayi?

    ReplyDelete
  60. Permisi pak.. mo tanya iniiih. Kan bayi saya maret baru lahiran kemudian ngurus bpjs u bayi. Nahh, pas kemaren berobat ke puskesmas katanya kartu bpjs u bayi harus di update ke kantor pusat rawamangun karna saya tinggal di wilayah timur. Itu updatenya bener ke rawamamgun ataw ke daerah gajah mada pak.. thanks...

    ReplyDelete
  61. terima kasih informasinya gan (y), akhirnya ketemu juga cara-caranya.

    ReplyDelete

Post a Comment

TERIMA KASIH

Popular Posts