SEJARAH PEMBALUT SEGITIGA ( MITELA ) TRIANGULAR BANDAGE

Pertama kali mengenal pembalut segitiga waktu saya masih duduk di kelas 1 SMP, saya mengikuti ektrakulikuler Pramuka, sekedar mengenal belum mendalami fungsinya secara maksimal. Semakin hari saya semakin sering menggunakan kain segitiga ini. apalagi semenjak bangku SMA saya mengikuti Ektrakulikuler PMR. Berbagai jenis pembalutan sudah saya mengerti fungsinya mulai dari penutup luka, Penopang hingga pengikat bidai. lambat laun fungsinya makin berkembang,...sebagai masker motor...sebagai Celana dalam darurat, sebagai topi dan lain sebagainya,..heheheh



hanya satu yang kurang jelas buat saya...yaitu SEJARAH PASTI TENTANG ASAL USUL PEMBALUT SEGITIGA INI..

akhirnya saya menemukan sebuah informasi tentang kain segitiga ini,

Kain segitiga ni pada awalnya diciptakan oleh Johann Friedrich August von Esmarch , seorang profesor bedah yang telah ahli bedah umum untuk Angkatan Darat Jerman selama Perang Perancis-Prusia tahun 1870. Esmarch adalah pelopor dalam medan triase dan perawatan luka , dan ia mengembangkan perban yang dapat digunakan dalam berbagai konfigurasi yang berbeda untuk mengobati tentara yang terluka di medan perang sampai lebih bantuan medis tiba, sehingga membantu menyelamatkan nyawa. maka kain ini dinamakan kain ESMARCH TRIANGULAR BANDAGE atau VERNAID BANDAGE (Vernon)




Kain segitiga ini kemudian dikomersilkan oleh Johnson & Johnson dan Seabury di Amerika Serikat  pada tahun 1890 dan pada tahun 1903 mengeluarkan produk kain segitiga ini dengan buku panduan penggunaannya. di Inggris oleh diproduksi oleh Vernon ( V&C.co.ltd )


semenjak itu kain segitiga ini makin ternama dan digunakan oleh banyak pihak.

Para Tentara, anggota Kepanduan ( Boyscout/Pramuka) Anggota kemanusiaan ( Red Cross/ PMI/ BSM) sebagai pihak pihak yang meneruskan penggunaan segitiga ini untuk pertolongan pertama.

sumber:
http://www.kilmerhouse.com/2010/10/product-instructions-you-cant-lose/
http://www.iwm.org.uk/collections/item/object/30025769
http://www.forensicgenealogy.info/contest_257_results.html
http://en.wikipedia.org/wiki/Esmarch_bandage

Comments

Popular Posts