SAYA ISLAM APA ??

Ini hanya tulisan seorang muslim awam tentang ke islaman nya, Ketika satu sama lain saling menggunjingkan, saling menghina, saling memfitnah, saling mengkafirkan, yang paling keji adalah saling membunuh, lalu saya bertanya pada diri saya sendiri, saya ini islam apa??

lalu kalau yang saya yakini bebeda dengan orang lain apakah saya harus di kafirkan? jika saya tidak setuju dengan sikap banyak orang saya akan di kucilkan?
Ketika di tanya kamu orang NU atau Muhammadiyah?
Tidak, saya bukan NU dan saya Bukan Muhammadiyah !!
Kamu ini liberalis atau puritan??
Tidak tahu,...
Kamu ini Syiah atau Suni?
Memang penting ya?

Terlalu banyak penggolongan dan pola pikir yang ribet menurut saya, walaupun di akhir hayat Rasul telah mengatakan golongan yang di ridhoi Allah SWT adalah yang menjalankan dan mengamalkan Alquran dan Sunahnya. bukan berarti yang tidak menjalankan sesuai pesan Rosulloh harus digunjingkan atau harus dikafirkan. 

Ambil contoh: 
ada pesan " Kamu kalau ke pulau Bali naik pesawat garuda kelas eksekutif " !! 
lalu kalau pada kenyataannya " saya ke Bali naik motor butut dan sendal jepit bagaimana? " apakah saya akan digunjingkan, saya di marahi??? toh sama sama punya tujuan sama,sama sama ke Bali.
soal cara adalah terserah pribadi masing masing memilih menikmati hubungannya dengan Penciptanya.
ini seperti kita memperdebatkan SYSTEM dengan tujuan yang sama !!

Masih banyak orang yang berkutat dengan tata cara orang lain menaati Allah SWT  dan Rosulnya,
saya hanya menyakini apa yang saya jalani, toh inti ajaran agama menurut saya adalah bagaimana cara memperlakukan Penciptanya dan bagaimana cara memperlakukan orang di sekitarnya agar memiliki hubungan yang baik.

ISLAM ITU INDAH, dan memang itu FAKTANYA, dapat menghargai satu sama lain atas pendapat yang berbeda adalah suatu hal yang indah menurut saya, dan tidak memperbesar besarkan hal yang tidak seharusnya. seperti para sahabat yang menghargai perbedaan pemahaman sahabat lainnya.

Jaman kita dan jaman rosul sangat jauh sekali rentang waktunya, tak pelak memunculkan banyak pendapat tentang menjalankan ajaran yang sesuai dengan keinginannya. Banyak kitab yang menerangkan tentang hadist hadist rosul sebagai penerang keadaan pada waktu itu. walaupun akhirnya memiliki friksi satu sama lain. lalu apakah kita masih mempertentangkannya?

KEINDAHAN ISLAM lebih dari yang kita kira bila kita mau mengerti satu sama lain, dan mengingatkan satu sama lain. pertentangan yang terjadi ketika Rosul telah wafat dan banyak pertentangan yang terjadi. dan akhirnya seperti ini terus?

Andai ROSULLOH masih hidup, umat bisa bertanya langsung !!!

lalu bagaimana dengan khilafah atau khilafiyah yang sedang di gadang gadang? islam mulai carut marut setelah ke khalifahan runtuh? dan sekarang harus di bangun untuk mempersatukan umat...Saya setuju dengan hal ini, tapi apakah dengan kondisi umat seperti saat ini ke khalifahan akan terbentuk?

umat masih saja berkutat dengan hal hal yang sepele, berbeda sedikit, ngambek, berbeda sedikit marah, berbeda sedikit acuh, memaksakan persepsi atau cara yang dilakukan satu kelompok masih menjadi polemik.

setiap kelompok mejadi eksklusif dengan kelompoknya, merasa paling benar dan yang lain salah, dengan mudahnya menghina, melecehkan kelompok lain masih menjadi kebangaan pembenaran.

Saya hanya orang awam, dan saya rindu akan NIKMATnya ISLAM untuk SEMUA !!
dan saya ISLAM tapi saya gak tau saya ISLAM apa !!?

Saya yakin ALLAH SWT adalah maha pengasih lagi maha penyayang, dan Muhammad adalah RosullALLAH..


Comments

Popular Posts